Cari Di Blog Ini

Jumat, 09 April 2010

Wireless Communication


1. Jelaskan istilah berikut ini (AMPS, EAMPS, TACS, NMT, WIMAX, GSM, CDMA, FDMA TDMA, DAN HANDOFF)

AMPS

AMPS adalah standard sistem mobile phone analog yang dibuat oleh Labolarotorium Bell, dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1983. AMPS merupakan sistem yang paling banyak digunakan di Amerika Utara dan sekitarnya tahun 1980an.

EAMPS

Extended Advanced Mobile Phone System adalah Perpanjangan spektrum radio yang digunakan oleh AMPS (Advanced Mobile Phone Service). 10MHz tambahan meningkatkan jumlah saluran dari operator selular per 333 ke 416.

TACS

Mobile selular analog standar yang dikembangkan oleh Motorola dan mirip dengan Advanced Mobile Phone Service (AMPS). Tersebut beroperasi menggunakan pita frekuensi 900 MHz. TACS juga merupakan generasi pertama (1G) sistem analog yang memungkinkan hingga 1320 channel menggunakan 25 KHz saluran jarak dan sinyal lebih unggul. Mobile selular analog standar yang dikembangkan oleh Motorola dan mirip dengan Advanced Mobile Phone Service (AMPS). Tersebut beroperasi menggunakan pita frekuensi 900 MHz. TACS pertama kali digunakan di Britania Raya pada 1985 dan kemudian digunakan di negara-negara lain termasuk Hong Kong dan Jepang. Meskipun di Jepang disebut JTAC. TACS juga merupakan generasi pertama (1G) sistem analog yang memungkinkan hingga 1320 channel menggunakan 25 KHz saluran jarak dan sinyal lebih unggul.

Seperti AMPS, TACS dirancang untuk kerapatan sangat tinggi di daerah perkotaan besar, serta daerah-daerah pedesaan yang kurang penduduknya. Sistem ponsel asli, AMPS yang digunakan di seluruh Amerika Utara. Sistem serupa dengan sedikit variasi memiliki alokasi spektrum antara 800-900 MHz daerah. Ada beberapa ratus saluran yang tersedia dalam alokasi spektrum.

NMT

Nordic Mobile Telephone atau disingkat NMT adalah salah satu jenis sistem telpon seluler yang beroperasi mulai tahun 1981. ada 2 macam NMT system , yaitu systems NMT 450 yang berkapasitas rendah dan NMT 900 yang berkapasitas tinggi . The Nordic mobile telephone (NMT) system dikembangkan oleh the telecommunications administrations of Sweden, Norwegia , Finlandia, dan Denmark untuk menciptakan compatible mobile telephone system di negara Nordic. Pertama commercial NMT 450 cellular system tersedia di tahun 1981. karena kesuksesan NMT 450 system dan terbatasnya capacity dari original system design, the NMT 900 system version available. beberapa dari negeri menggunakan frequency bands yang berbeda atau mengurangi jumlah channels

WiMAX

WiMAX adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access,
merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga merupakan teknologi dengan open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX diantara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX dapat diaplikasikan untuk koneksi broadband ‘last mile’, ataupun backhaul.

GSM

Global System for Mobile Communication disingkat GSM adalah sebuah teknologi komunikasi selular yang bersifat digital. Teknologi GSM banyak diterapkan pada komunikasi bergerak, khususnya telepon genggam. Teknologi ini memanfaatkan gelombang mikro dan pengiriman sinyal yang dibagi berdasarkan waktu, sehingga sinyal informasi yang dikirim akan sampai pada tujuan. GSM dijadikan standar global untuk komunikasi selular sekaligus sebagai teknologi selular yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia.

CDMA

Code division multiple access (CDMA) adalah sebuah bentuk pemultipleksan (bukan sebuah skema pemodulasian) dan sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu (seperti pada TDMA) atau frekuensi (seperti pada FDMA), namun dengan cara mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal yang ada dan menggunakan sifat-sifat interferensi konstruktif dari kode-kode khusus itu untuk melakukan pemultipleksan.

FDMA

Frekuensi Division Multiple Access atau FDMA adalah metode sebuah saluran akses yang Digunakan dalam Protokol akses-Jamak Sebagai Protokol channelization. FDMA pengguna memberikan alokasi individu satu atau beberapa band frekuensi, atau saluran. Memberikan pengguna FDMA Alokasi Beberapa individu atau satu band frekuensi, atau saluran. Sistem koordinat Multiple Access akses antara beberapa pengguna. Sistem Koordinat Multiple Access Beberapa akses antara pengguna. Para pengguna dapat juga berbagi akses melalui metode yang berbeda seperti TDMA, CDMA, atau SDMA. Para pengguna juga dapat berbagi melalui metode akses yang Berbeda seperti TDMA, CDMA, atau SDMA. Protokol-protokol ini dimanfaatkan dengan cara yang berbeda, pada berbagai tingkat teoretis model OSI. Protokol-Protokol ini dimanfaatkan secara Berbeda, pada tingkat teoretis yang Berbeda model OSI.

TDMA

adalah metode utama yang digunakan oleh jaringan digital telepon seluler
untuk menghubungkan panggilan telepon. Sinyal digital dari jaringan digital
dihubungkan ke pengguna tertentu untuk berhubungan dengan sebuah kanal frekuensi digital tersendiri tanpa memutuskannya dengan mengalokasikan waktu. TDMA juga merupakan metode pengembangan dari FDMA yakni setiap kanal frekuensinya dibagi lagi dalam slot waktu sekitar 10 ms. Sistem ini juga didukung oleh berbagai macam pelayanan untuk pengguna terakhir seperti suara, data, faksimili, layanan pesan singkat (sms), dan pesan siaran.

HANDOFF

merupakan proses transfer suatu ongoing call atau data session dari suatu kanal yang terhubung dalam satu inti jaringan ke kanal lain. Pada komunikasi satelit, istilah tersebut diartikan pengalihan tanggung jawab kontrol satelit dari satu stasiun bumi k stasiun yg lain tanpa kesalahan (loss) atau interupsi layanan. Istilah British English untuk panggilan seluler adalah handover, yang terminologinya berstandar 3GPP yang berasal dari teknologi Eropa seperti GSM dan UMTS.


2. Mengapa perlu komunikasi seluler

Telepon selular Karena membawa orang-orang bersama-sama dan Menghubungkan
masyarakat dalam cara yang belum pernah mungkin masyarakat dalam cara yang belum pernah mungkin sampai sekarang. sampai sekarang. Teknologi mobile dapat menjadi Kekuatan untuk kebaikan dalam masyarakat.


3. Jelaskan Perkembangan generasi selular pertama, ke dua dan ketiga

Selular Generasi Pertama (1G)

Komunikasi mobile phone wireless pertama kali dikembangkan dengan menggunakan sinyal analog. Sinyal suara akan dikirimkan dengan menggunakan gelombang frequency modulatin (FM). Sistem selular generasi pertama ini digunakan hanya untuk voice dan tidak mencukupi untuk memenuhi layanan transfer data komputer. Sistem selular generasi pertama mempunyai kapasitas yang terbatas untuk melakukan mekanisme autentikasi dan enkripsi.

Teknologi selular generasi pertama ini dipelopori oleh teknologi-teknologi Advanced Mobile Phone Service atau AMPS yang dikenalkan pada tahun 1978. Sistem ini dialokasikan pada band 800Mhz. Jaringan ini menggunakan sirkuit terintegrasi yang sangat besar dan terdiri dari komputer dedicated serta sistem switch dan mobil telepon khusus beserta antenanya yang menjamin sistem selular tersebut dapat bekerja dengan baik. Perkembangan AMPS secara komersial telah mendunia dengan pesat. 88 sistem selular generasi ini telah terpasang di Tokyo pada akhir tahun 1979 dengan menggunakan peralatan dari Matsushita dan NEC.

Pada tahun 1983, standar ponsel analog AMPS tersebut diperkenalkan oleh FCC dan pertama kali digunakan di Chicago. AMPS menggunakan range frekuensi antara 824 Mhz – 894 Mhz yang diperuntukkan pada ponsel analog. Versi lain dari AMPS disebut Narrowband Advanced Mobile Service (NAMPS) yang telah menggabungkan teknologi digital, sehingga versi original sistem ini dapat membawa kapasitas pada setiap panggilan yang besarnya tiga kali dari sistem sebelumnya. Meskipun menggunakan teknologi digital, teknologi ini masih dianggap analog. AMPS dan NAMPS hanya dioperasikan pada band 800 Mhz dan tidak menawarkan fitur lain yang umum digunakan pada layanan selular seperti e-mail dan browsing di web. Kualitas suara yang kurang bagus serta beberapa permasalahan teknis menjadi kendala dari sistem NAMPS, sehingga sistem ini tidak berkembang dan bahkan ditinggalkan setelah berkembang teknologi digital.

Selular Generasi Kedua (2G)

Perkembangan teknologi wireless selular yang sangat ambisius memacu munculnya selular dengan sistem digital, tidak lama setelah perkembangan 1G. Sistem ini mempunyai modulasi yang efisien karena menggunakan sinyal digital untuk channel voice. Telepon digital akan mengubah atau mengonversi suara menjadi informasi biner (1 dan 0) dan melakukan pemampatan data atau kompresi data. Kompresi ini dapat digunakan untuk melayani panggilan 3 hingga 10 telepon digital seperti pada space ruangan yang digunakan pada model panggilan analog tunggal. Sistem selular digital mengandalkan frequency shift keying (FSK) untuk mengirim data keluar masuk melalui AMPS. FSK menggunakan dua buah frekuensi, satu untuk digit 1 dan yang lain untuk 0. Tukar menukar terjadi secara cepat antara pengiriman informasi digital pada tower selular dengan telepon.

Modulasi dan skema enkode yang baik sangat dibutuhkan untuk mengonversi dari informasi analog ke digital, kemudian melakukan kompresi serta menerjemahkan kembali data tersebut. Selanjutnya, perawatannyalah yang akan menentukan kualitas suara. Pengembangan versi sistem 2G (sering disebut pula 2.5G) memasukkan sistem modulasi yang lebih baik dengan meningkatkan data rate dan efisiensi spectrum. Perkembangan teknologi pemaketan data berkembang dengan pesat dengan munculnya General Packet Radio Service atau (GPRS), yang memungkinkan data rate yang cepat melalui sistem GSM. Data rate maksimum yang melalui GPRS adalah 172,2 Kbps dan digunakan pada peralatan yang telah didesain untuk mendukung GPRS. Pengembangan GPRS adalah Enhanced Data Rate for Global Evolution (EDGE) yang menghasilkan data rate hingga 474 Kbps.

GSM pada awalnya adalah singkatan dari Grupe Speciale Mobile, setelah menjadi standar internasional akhirnya disebut Global System for Mobile Communications. Pengembangan GSM dimulai pada tahun 1982 dengan anggota 26 perusahaan nasional telepon Eropa. Pada tahun tersebut, Conference of European Postal and Telecommunications Administrations (CEPT) mencoba menyeragamkan sistem selular Eropa ke dalam frekuensi 900 MHz.

Selular Generasi Ketiga (3G)

Jaman sekarang, banyak anak muda yang membicarakan mengenai 3G. Kata 3G ini biasa dihubungkan dengan video call, koneksi internet yang cepat dan sejumlah teknologi mobile lainnya. Beramai-ramai anak muda membeli handphone yang ada feature 3Gnya, walaupun itu nantinya nggak tahu untuk apa. Pokoknya 3G lah. Perkembangan teknologi komunikasi mobile ketiga(3G) telah berkembang pesat, pada generasi ini telah merambah ke akses secara permanent ke Web, video interaktif, dengan kualitas suara yang sangat baik seperti kualitas CD audio player hingga ke teknologi kamera video yang diintegrasikan dalam telepon selular. Tren layanan yang ditawarkan pada sistem 3G adalah mengombinasikan layanan internet, telepon, dan media broadcast ke dalam sebuah alat.


4. Jelaskan keuntungan UMTS

Dapat membuat panggilan data serta suara panggilan pada saat yang sama pada ponsel Anda. Jika misalnya anda memiliki ponsel cerdas yang ada di jaringan HSDPA Anda juga dapat mengakses semua jenis informasi internet serta menggunakan ponsel pintar Anda sebagai ponsel. Selain itu, keuntungan lain adalah penghematan biaya dari pengangkut sudut pandang.

Tidak hanya ada peningkatan efisiensi karena baik suara dan data dapat terhubung ke jaringan UMTS yang tunggal, tetapi banyak pelanggan telepon seluler yg akan menyukai.


5. Apa rekomendasi anda untuk sistem komunikasi selular mendatang

Harus memberikan kecepatan yang lebih tinggi. Lebih bisa memanjakan dan memudahkan para pengguna seluler yang ada di dunia. Tidak hanya dalam berkomunikasi saja tetapi juga dalam hal transaksi maupun aktifitas yang lainnya yang sekarang ini tidak mungkin, kedepannya (mendatang) bisa saja terjadi. Misalnya, koneksi tidak putus-putus jika cuaca buruk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar