Cari Di Blog Ini

Minggu, 21 Maret 2010

Pengenalan Matlab dan Variabel


Matlab adalah bahasa canggih untuk komputasi teknik. Didalamnya terdapat kemampuan penghitung lisasi, dan pemrograman dalam suatu lingkungan yang mudah untuk digunakan karena permasalahan dan pemecahannya dinyatakan dalam notasi matematika biasa.

Kegunaan matlab secara umum adalah untuk:

a. Analisis data, eksplorasi dan visualisasi,
b. Matematika dan komputasi,
c. Permodelan, simulasi, dan pembuatan prototype,
d. Pembuatan aplikasi , termasuk pembuatan antarmuka grafis,
e. Pengembangan algoritma.

Matlab adalah sistem interaktif dengan elemen dasar basis data array yang dimensinya tidak perlu dinyatakan secara khusus. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memecahkan banyak masalah perhitungan teknik, khususnya yang melibatkan matriks dan vektor.

Mungkin cara termudah untuk menggambarkan matlab adalah menganggapnya sebagai sebuah kalkulator. Seperti umumnya kalkulator biasa, matlab sanggup mengerjakan perhitungan sederhana seperti penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Seperti kalkulator sain, matlab dapat menangani bilangan kompleks, akar dan pangkat, logaritma, operasi trigonometri seperti sinus, cosinus dan tangen. seperti kalkulator yang dapat diprogram, matlab dapat digunakan untuk menyimpan dan memanggil data, pemakai dapat membuat, menjalankan dan menyimpan sederetan perintah untuk mengotomatisasi perhitungan suatu persamaan penting, melakukan pembandingan logika dan mengatur urutan pelaksanaan perintah.

Matlab membuat beberapa jendela pada monitor. Dari semua jendela itu jendela Command merupakan tempat interaksi utama matlab. Prompt yang digunakan adalah >>. Pada saat jendela Command aktif, kursor seharusnya tampak di sebelah kanan prompt. Prompt dan kursor menunjukkan bahwa matlab sedang menunggu untuk menjawab suatu pertanyaan matematika.

1 komentar:

  1. Kami juga mempunyai artikel tentang matlab silahkan dibaca semoga bermanfaat dan berikut adalah link nya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2850/1/A-19.%20Mohammad%20Iqbal,%20Imam%20Ahmad%20Trinugroho,%20dan%20Yuli%20Karyati.pdf
    terimakasih

    BalasHapus