Cari Di Blog Ini

Selasa, 23 Maret 2010

Laporan Tugas Akhir B. Inggris 1


Ini Laporan akhir tugas mata kuliah Bahasa Inggris 1. Yah, meskipun sedikit sederhana tpi semoga bermanfaat.


A. PENDAHULUAN

Mata kuliah bahasa inggris secara umum merupakan mata kuliah yang harus diambil oleh seluruh mahasiswa. Tidak hanya di STMIK EL-RAHMA Yogyakarta saja, melainkan di seluruh universitas di Indonesia. Karena merupakan penunjang mahasiswa untuk di dunia kerja nanti. Misalnya saja jika mahasiswa tersebut mendapatkan pekerjaan di perusahaan luar negeri. Jika mahasiswa tersebut tidak bisa berbahasa inggris, maka mahasiswa tersebut akan kesulitan berkomunikasi dengan atasan / managernya. Karena bahasa internasional yaitu bahasa inggris.

Di STMIK EL-RAHMA Yogyakarta sendiri, mata kuliah bahasa inggris dibagi menjadi dua yaitu, bahasa inggris 1 dan bahasa inggris 2. Mata kuliah bahasa inggris 1 diberikan di smester 3 sedangkan untuk mata kuliah bahasa inggris 2 diberikan di smester 4. Mata kuliah bahasa inggris 1 di STMIK EL-RAHMA diajar oleh pak nizamuddin sadiq. Selain mengajar di STMIK EL-RAHMA beliau juga mengajar di STTA Yogyakarta. Di STMIK EL-RAHMA mata kuliah bahasa inggris 1 diambil oleh mahasiswa dengan jurusan TI , TK , MI dan KA. Yang mahasiswanya terdiri dari 40 orang.


B. ISI

Setelah mengikuti mata kuliah bahasa Inggris 1, mahasiswa mulai bisa menerima dan bertambah pengetahuan tentang bahasa Inggris. Sehingga, sedikit demi sedikit kami bisa mentranslate / menggingriskan kalimat dari bahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris, yang sebelumnya kami merasa kesulitan, tetapi setelah diberitahu tentang mesin penggingris, kami sedikit tahu metode dan caranya.

Sebelumnya kami masih menggunakan metode lama seperti yang diajarkan waktu masih sekolah dulu, yang dirasa masih sangat kesulitan dengan metodenya. Tetapi setelah mengikuti mata kuliah bahasa inggris 1 yang dilaksanakan di Stmik El Rahma dengan pembimbingnya Dosen Nizamuddin sadiq, M.Hum, kami menemukan metode baru dan juga dapat melatih keterampilan kami untuk menggingriskan kalimat bahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris dan sebaliknya.

Pertama kali kami merasa kesulitan dengan metode baru ini, soalnya kami masih terpaku oleh metode pengajaran lama, tetapi setelah diikuti dan dicermati, ternyata metode baru yang kami dapat selama mengikuti matakuliah ini ternyara bagus juga.
Jujur saja, diawal-awal perkuliahan, kami kebingungan dalam mengikuti metode ini. Dan pusing juga terhadap tes mendadak, latihan maupun tugas-tugas yang tidak pernah absent di akhir perkuliahan. Tetapi lama-lama kami menjadi paham dan enjoy setelah mengetahui cara main pelajaran bahasa inggris selama ini.

Dulu kami pernah diajar menghafal rumus present tense, pastense dll. Tetapi waktu itu kami masih bingung dan kesulitan dalam menghafal dan mengingatnya, dan setelah menggunakan rumus 33 ini, kami mudah menghafal dan mengingatnya, dan rumus 33 ini menjadi pondasi dalam proses belajar bahasa ingris selanjutnya.
Kami merasa rumus pasti adalah sebuah jalan untuk menguasai bahasa inggris dengan benar. Karena didalamnya terdapat aturan-aturan yang harus kita patuhi untuk mengungkapkan atau menyampaikan sebuah kalimat. Jadi, rumus pasti itu sangat penting untuk dipelajari dan dikuasai oleh orang-orang yang ingin menguasai Bahasa Inggris.
Kelebihan dari metode ini, kami merasa cepat mudah mengingat dan menghafalnya. Karena dengan menggunnakan rumus 33 serta contohnya, membuat semuanya mudah dan tidak lupa.

Kekurangannya adalah pertama-tama memang tidak menyukai rumus itu, karena malas menghafalkannya, tetapi setelah lama-kelamaan akhirnya enak juga belajarnya.
Saya punya usul, bagaimana kalau seandainya penyampaian materi / silabi di awal perkuliahan lebih diperjelas lagi, karena apabila kurang jelas, bisa menyebabkan kendala pada proses-proses pembelajaran selanjutnya.
Tentang tes formatif dan tugas agak dikurangi, karena masih banyak juga tugas dari mata kuliah lain yang juga antri dan banyak. Karena kadang kami merasa bingung, emosi dan tertekan apabila ada tugas yang banyak dan dosen tidak mau tau akan keadaan mahasiswa.


C. PENUTUP

1. Kesimpulan

Karena pentingnya bahasa inggris di era globalisasi sekarang ini, kita sebagai mahasiswa seharusnya lebih aktif dalam hal penggunaan dan penguasaannya, karena apabila kita tidak bisa, kita akan ketinggalan arus informasi internasional yang cukup cepat.

Kita bisa meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dengan banyak latihan dan juga praktek pengucapan dan penerjemahan adalah sangat penting untuk menunjang dan mempercepat penguasaannya. Maka dari itu, metode baru ini sangatlah membantu dan mempermudah kami dalam mengembangkan pengetahuan berbahasa inggris.

2. Saran

Kuliah bahasa inggris ini kalau di selingi dengan candaan atau gurauan, mungkin pelajarannya akan lebih santai dan mengena kepada mahasiswa, dan untuk rumus 33, kepada temen-temen diharapkan mengingatnya terus untuk mempermudah belajar bahasa inggris.

Kemudian untuk pengajar, diharapkan lebih dekat lagi kepada mahasiswa karena hal tersebut akan menjadi hal yang baik bagi pembelajaran bahasa inggris kedepan.


ENGLISH VEERSION

A. INTRODUCTION

English language college eye in common constitute college eye that shall be taken by all college student. Are not only at STMIK EL RAHMA Yogyakarta just, but at all university at Indonesian. Since constitutes college student supporter for at job the world waits for. E.g. just if that college student get work at corporate abroad. If that college student can't english-speaking, therefore that college student handicap will get communication with superior / manager. Since international language which is english language.

At STMIK EL RAHMA Yogyakarta own, english language college eye is divided as two which is, english language 1 and english language 2. english language college Eyes 1 are given at smester 3 meanwhile for english language college eye 2 is given at smester 4. english language college Eyes 1 at STMIK EL RAHMA taught by nizamuddin sadiq's pack. Besides teaches at STMIK EL RAHMA Beliau also teaches at STTA Yogyakarta. At STMIK EL RAHMA winks english language college 1 took by college student with TI, TK, Mi and KA. One that its college student consisting of 40 person.


B. CONTENTS

After following the subject of English 1, the student began to be able to receive and improve knowledge about English. So, little by little we could mentranslate/menggingriskan the sentence from Indonesian became English, that beforehand we felt the difficulty, but after was informed about the anglicise machine, we seldom knew the method and his method.

Beforehand we were still using the long method like that was taught by time still the school previously, that was felt still really the difficulty with his method.
But after following the subject of English 1 that was carried out in Stmik El Rahma with his guide the Lecturer Nizamuddin sadiq, M.Hum, we found the new method but also could train our skills to anglicise the Indonesian sentence became English vice versa.

The first time we felt the difficulty with this new method, his matter we were still motionless by the long teaching method, but after being followed and paid close attention to, evidently the new method that we could while following this subject ternyara good also.

Just honest, was headed-early of lectures, we confusion in following this method. And had a headache also towards the sudden test, the exercise and the tasks that never absent on the end of lectures. But very old we became the understanding and enjoy after learning the method played the English lesson uptil now.

Previously we had been taught to memorise the formula present tense, pastense etc.. But at that time we were still confused and the difficulty in memorising and remembering him, and after using the formula 33 this, we found it easy to memorise and remember him, and the formula 33 this became the foundation in the studying process of the language ingris furthermore.

We felt the formula must be a road to master English correctly. Because inside was gotten by rules that must be obeyed by us to say or send a sentence. So, the certain formula was very important to be studied and controlled by people who wanted to master English.

The advantages of this method, we feel fast and easy to remember the grind. Because using the formula 33 and, for example, make it all easy and do not forget.
The lack of a first formula is not like that, because lazy to memorize it, but after the long run also good learning.

I have a suggestion, what if in case the delivery of materials / silabi at the beginning of the lecture again more clearly, because if less obvious, can cause problems in the processes of learning more.

About formative tests and tasks somewhat reduced, because many of the tasks of other subjects and also a lot of queuing. Because sometimes we feel confused, depressed and emotional when there is a task that many lecturers and I did not want to be the students.


C. CONCLUSION

1. Conclusion

Because of the importance of the English language in the current era of globalization, we as students should be more active in terms of usage, because if we can not, we will be behind the international flow of information fast enough.
We can improve the ability to speak English with a lot of training and practice pronunciation and translation is very important to support the speed and finesse. Therefore, this new method is easier and help us in developing a knowledge of English.

2. Suggestion

The English language course if accompanied by humor or prank, the lesson may be more relaxed and hit the students, and the formula to 33, what to remember what is expected to continue to make it easier to learn English.
Then, for teachers, are expected closer to the students again as it will be a good thing for the future of learning the English language.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar